September 27, 2022
Bagikan di akun sosial media anda

ArahBatin.com | Ada banyak cara dan metode mendidik anak yang dikonsep dan dijalankan lembaga-lembaga formal seperti sekolah, madrasah, pesantren, kampus hingga organisasi sosial.

Namun, hal yang lebih penting dari metode akademik tersebut adalah ikhtiar orang tua untuk mendidik dan membimbing anak-anaknya agar menjadi anak yang soleh, taat, beriman, dan berbagai kebaikan lainnya.

Banyak ulama yang menganggap ikhtiar domestik orang tua dalam mendidik anak sebagai sesuatu yang pokok dan menentukan pembentukan karakter anak.

Terkait keinginan agar anak menjadi soleh, ulama kharismatis asal Pekalongan, Jawa Tengah, Habib Luthfi bin Yahya punya resep yang bisa dijalankan para orang tua.

Resep yang diberikan berupa tirakat orang tua untuk anaknya agar menjadi pribadi yang sholih, hebat, sukses dan berkah dunia serta selamat di akhirat.

Untuk diketahui, dilansir dari laman resmi JATMAN 18 April 2022, kata tirakat merupakan bentuk kosakata penjawaan (Jawa) dari bahasa Arab thariqah yang bermakna jalan yang dilalui, cara, metode untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.

Kemudian, kata tirakat dibakukan dalam kategori kosakata bahasa Indonesia serapan dari bahasa Jawa, tirakat dan tirakatan.

Tirakat juga bermakna menjalani laku spiritual untuk mencapai sesuatu yang diiinginkan. Al-Qur’an menggunakan Thariqah dan menyandingkannya dengan kata Istiqomah di jalan Allah Ta’ala, yakni menjalankan ketakwaan dengan penuh ketaatan.

Itu artinya, tirakat bermakna bahwa kegiatan istiqomah menjalankan apa-apa yang sudah ditentukan dan ditetapkan Allah seperti mengikuti seluruh syariat agama, taat kepada semua perintah, dan menjauhi semua larangan.

Sehingga, dengan apa yang dilakukan itu, maka Allah akan melimpahkan pahala yang besar, kesuksesan hidup, penuh keberkahan dan kemanfaatan di dunia dan selamat di akhirat kelak.

Adapun resep-resep tirakat dari Habib Luthfi bin Yahya yang bisa dijalankan orang tua adalah sebagai berikut :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CLOSE ADS
CLOSE ADS

You cannot copy content of this page