September 27, 2022
Bagikan di akun sosial media anda

إِنَّ الطَّرِيْقَ aشَرِيْعَةٌ وَطَرِيْقَةٌ وَحَقِيْقَةٌ فَاسْمَعْ لَهَا مَا مُثِّلاَ

Sesungguhnya jalan menuju kebahagiaan itu terdiri dari: syariat, tarekat dan hakikat, maka dari itu dengarkanlah perumpamaan berikut ini.

Sesungguhnya jalan yang bisa menjadikan seseorang selamat di akhirat atau perbuatan yang menjadikan seseorang mendapatkan keridhaan dan rahmat dari Allah Swt. adalah dengan mengamalkan ilmu syariat, ilmu tarekat dan ilmu hakikat. Dengan ketiga ilmu itulah seseorang bisa menggapai keridhaan Allah Swt. Maka dengarkanlah penjelasan 3 ilmu tersebut dengan menggunakan perumpamaan yang dibuat oleh para Ulama.

Penjelasan

Sesungguhnya jalan yang bisa menjadikan selamat di akhirat, mendapatkan keridhaan dan rahmat dari Allah Swt. adalah dengan menjalankan 3 ilmu:

  1. Ilmu Syariat
  2. Ilmu Tarekat
  3. Ilmu Hakikat

Baca juga: Amalan Habib Sholeh Tanggul Agar Cepat Punya Rumah Sendiri

Seseorang salik akan bisa mendapatkan kebahagiaan di akhirat jika mengamalkan 3 ilmu ini.

Orang yang mengamalkan ilmu hakikat tanpa syariat itu batal. Maksudnya merusak aturan kitab-kitab Allah yang jumlahnya ada 104 (100 suhuf dan 4 kitab) dan merusak aturan para Nabi dan Rasul, maka dipastikan orang tersebut akan tersesat.

Sedangkan orang yang mengamalkan ilmu syariat tanpa hakikat itu kosong. Maksudnya, ada dan tiadanya sama saja, tidak dianggap ada.

Contoh orang yang hanya mengamalkan hakikat saja tanpa syariat itu seperti apabila kamu berkata pada seseorang: “Wahai kawan, lakukanlah shalat dan ibadah-ibadah lainnya.”

Halaman 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CLOSE ADS
CLOSE ADS

You cannot copy content of this page