September 29, 2022
Bagikan di akun sosial media anda

ArahBatin.com | Kiyai Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari atau dikenal dengan Abah Guru Sekumpul (1942-2005) adalah sosok ulama kharismatik kelahiran Martapura, Kalimantan Selatan. Beliau adalah satu Waliyullah yang dihormati berkat keluasan ilmu dan kelembutan hatinya.

Dalam Manaqibnya, Abah Guru Sekumpul memiliki wasiat dalam mendidik anak. Beliau berkata: “Kalau kita ingin punya anak wali, setidaknya anak kita jadi orang saleh dan berilmu serta berakhlak mulia, maka yang harus dilakukan orangtuanya adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Makanan yang Halal

Sebelum istri kita hamil, hendaknya kita menjaga istri kita untuk memakan makanan yang halal agar terhindar dari makanan yang haram dan syubhat. Ini adalah modal paling utama untuk memperoleh anak yang saleh. Karena ini termasuk menjaga perut dari segala yang haram dan yang syubhat. Riba itu termasuk haram. Jadi duit yang kita belikan makanan untuk istri dan anak kita adalah duit yang halal tidak mengandung unsur riba sedikitpun. Dan yang syubhat itu maksudnya yang tidak tahu asal usulnya apakah ini halal atau haram. Maka dari itu, kita harus menjaga makanan yang masuk ke perut istri kita cukup makanan yang halal. Jangan memberi makanan yang syubhat sekalipun, apalagi yang haram.

Baca juga: Sayyid Muhammad Al-Maliki: Doa Dari Rasulullah ﷺ Agar Dunia Mengejarmu

2. Membaca Sholawat Ketika Istri Hamil

Di kala istri kita hamil 2 bulan, yang kita lakukan adalah rajin membacakan sholawat sebelum tidur setiap malam sambil memegang perut istri. Hal ini kita lakukan mulai istri kita mengandung 2 bulan sampai melahirkan. Sholawat apa saja dan setelah membaca sholawat diakhiri dengan tawasshul wali-wali.

3. Sering-sering Membaca Al-Qur’an

Rajin-rajinlah dan sering-seringlah membaca Al-Qur’an di hadapan istri yang sedang hamil. Karena kalau kita sering membaca Al-Qur’an, insya Allah anak kita sejak kecil sampai tua dia suka membaca Al-Qur’an, bahkan bisa hafal Al-Qur’an karena berkah dari Al-Qur’an.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CLOSE ADS
CLOSE ADS

You cannot copy content of this page