September 27, 2022
Bagikan di akun sosial media anda

ArahBatin.com | Baik-buruknya suami terkadang dipengaruhi oleh istri. Istri yang baik akan selalu mendorong suaminya menjadi baik. Istri yang buruk juga akan memperburuk prilaku suami.

Ada satu kisah yang penuh hikmah yang disebutkan dalam kitab Al-Mujalasah Wa Jawahirul Ilmi karya Abu Bakar Ahmad bin Marwan bin Muhammad Ad-Dainuri Al-Qadhi Al-Maliki.

Cerita ini dikisahkan oleh Imam Hasan Al Bashri, seorang tabiin yang terkenal dengan kesufiannya. Imam Hasan Al Bashri r.a bercerita:

“Aku mendatangi seorang pedagang kain di kota Mekah untuk membeli baju. Aku lihat pedagang itu memuji-muji barang dagangannya (agar orang tertarik) dan suka sekali bersumpah.

Baca juga: Sayyid Muhammad Al-Maliki: Doa Dari Rasulullah ﷺ Agar Dunia Mengejarmu

Aku pun meninggalkannya dan berkata di dalam hati, “Tidaklah layak membeli dari orang seperti itu.” Lalu aku pun membeli baju dari pedagang lain.

Dua tahun berlalu, aku pergi lagi ke kota Mekah untuk berhaji dan bertemu lagi dengan pedagang itu. Tetapi, aku tidak lagi mendengarnya memuji-muji barang dagangannya dan dia tidak lagi suka bersumpah.

Aku pun penasaran lalu bertanya kepadanya, “Bukankah kamu adalah orang yang dua tahun lalu pernah berjumpa denganku?”

Setelah berusaha mengingat beberapa saat, pedagang itu pun menjawab, “Iya, benar.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CLOSE ADS
CLOSE ADS

You cannot copy content of this page