September 29, 2022
Bagikan di akun sosial media anda

Arah Batin | Syekh Mutawalli asy-Sya’rawi punya 10 nasihat penting untuk kaum perempuan. Inilah 10 nasihat pernikahan Islam dari Syekh Mutawalli Sya’rawi untuk para wanita yang akan menikah.

Nasihat penting ini beliau sampaikan bertujuan kepada para gadis-gadis yang akan segera menikah. Persiapan-persiapan yang harus dipersiapkan para wanita dengan matang dan jangan sampai ada yang terlupa dari beberapa point ini. Bahkan, imam as-Sya’rawi memerintahkan setiap orang tua yang memiliki anak gadis untuk memberikan nasihat ini, agar pernikahan selalu harmonis.

Mutawalli asy-Sya’rawi menjelaskan bahwa nasihat ini bertujuan untuk mengingatkan orang yang mungkin lalai dan sebagai bahan pertimbangan bagi setiap manusia. Beliau mengatakan bahwa seorang anak perempuan akan meninggalkan rumah dan keluarganya yang dulu, demi pergi ke rumah dan lingkungan yang serba baru bahkan belum pernah kita kenal. Maka, nasihat beliau kepada para gadis yang akan menikah jadilah sebaik-baik pasangan baginya.

Baca juga: Ijazah Mbah Moen: Baca Wirid Ini di Waktu Subuh Maka Rezeki Akan Lancar dan Bebas Hutang

Ada 10 perkara penting yang beliau sampaikan dalam pemaparan beliau dalam Tafsir Asy-Sya’rawy (Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawy: Kairo: Dar Akhbar Al-Yaum. Hlm. 14196-14197). Inilah 10 nasihat pernikahan Islam yang beliau tujukan kepada kita yaitu:

Pertama, Temanilah suamimu dengan sifat Qana’ah (dengan apa adanya). Suami kita kelak, dengan apa yang ia miliki, kekurangan maupun kelebihan haruslah kita bersyukur atasnya, tetap temani ia hingga sukses dan meniti jalan bersama-sama dan menerimanya dengan ikhlas, anggaplah kekurangannya itu kelebihan bagi kita.

Kedua, Dengarlah dan Patuhi perintahnya. Sifat membangkang pada seorang istri haruslah kita jauhi. Dengar nasihatnya, larangannya, selagi itu semua dalam hal kebaikan bersama.

Ketiga, Jagalah matanya dan hidungnya. Jangan sampai suamimu kelak melihat pada dirimu sesuatu yang buruk. Sehingga ia tergoda untuk melihat kearah wanita lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CLOSE ADS
CLOSE ADS

You cannot copy content of this page