February 21, 2024
Bagikan di akun sosial media anda

Ketiga, hijrah dari kemaksiatan dengan menjalani ketaatan. Berubah menjadi lebih baik itu baik, tidak sedikit orang yang kelam masa lalunya, kini cerah masa depannya, karena segera memutuskan untuk berhijrah (kembali kepada Allah) Selain harus gigih meninggalkan kemaksiatan, seorang Muslim harus lebih gigih lagi agar dapat istiqamah dalam ketaatan. Tidak berbalik arah kembali pada dosa yang dilakukan sebelumnya.

Baca juga: Mbah Moen: Baca 2 Surah Dahsyat Ini Saat Subuh Supaya Kamu Tak Terlilit Hutang dan Jauh dari Kemiskinan

Keempat, hijrah dari terbiasa berbuat dosa dengan bertaubat. Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa. Baik dosa besar atau kecil, dan yang disengaja maupun tidak disengaja. Dosa yang dilakukan di dunia maka akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT kelak di ahirat. Atas dosa yang telah diperbuat, sudah seharusnya kita bertaubat memohon ampun kepada Allah dengan bersungguh-sungguh, dan berjanji untuk tidak mengulanginya kembali. Wallahu A’lam Bissawab.

Halaman 1 2 3


Hosiyanto Ilyas

Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Miftahul Ulum Bangkalan. Pernah menimba ilmu di Ponpes Attaroqqi Karongan Sampang. Pegiat Bahtsul Masail LBM NU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page