February 19, 2024
Bagikan di akun sosial media anda

Imam Al-Ghazali dalam karya besarnya Ihya’Ulumuddin (Juz 3 Hlm. 335 ) memberikan penjelasan terkait kumpulan berbagai fungsi yang wajib atas seorang hamba di dalam hartanya. Menurut penuturan Imam Al-Ghazali, ada lima hal yang harus diperhatikan dalam menjaga harta dan membelanjakannya. Adapun lima hal tersebut yaitu:

Pertama, harus mengetahui fungsi harta, dan bisa mengukur keperluan untuk diri sendiri dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari, dan tidak boleh memberi harta kepada orang yang butuh melebihi kebutuhannya.

Baca juga: Sayyid Muhammad Al-Maliki: Doa Dari Rasulullah ﷺ Agar Dunia Mengejarmu

Kedua, menjaga masuknya pendapatan, dan harus selektif atau hati-hati dalam menekuni pekerjaan. Sehingga harta yang didapat benar-benar halal, bukan dari hasil mencuri dan sogokan, dan juga menjauhi pekerjaan yang dimakruhkan seperti mengemis yang bisa menjatuhkan muru’ah (kehormatannya)

Ketiga, menyeimbangkan pendapatan, tidak terlalu ambisi dalam pekerjaan dan juga tidak bermalas-malasan dalam bekerja. Pendapatan diukur dengan kebutuhan, baik kebutuhan rumah, pakaian, dan makanan.

Halaman 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page